-->

Sabtu, 18 Februari 2012

Presiden: Perbedaan Etnis dan Agama Jangan Ganggu Persaudaraan



Selasa, 07 Pebruari 2012 07:45:20 | 
Berita Nasional | (75 view)

"Sebagai bangsa yang majemuk, yang kaya akan keragaman etnis, budaya, dan agama, memerlukan ikatan persatuan yang kokoh. Dalam keragaman itulah, kita harus hidup rukun, damai, dan penuh toleransi," katanya.

Presiden juga kembali mengingatkan agar perbedaan tidak dijadikan alat oleh pihak mana pun dalam menyebarkan kebencian apalagi dengan menggunakan kekerasan.

"Di antara sesama warga bangsa tidak boleh ada yang merasa lebih tinggi, lebih kuat, dan lebih penting. Sebesar apa pun perbedaan kita sebagai manusia, kita tidak boleh meyebarkan kebencian apalagi dengan menggunakan kekerasan terhadap orang yang berbeda dengan kita," tuturnya.

Sebaliknya, lanjut Presiden, kebersamaan harus dibangun secara kekeluargaan dalam kemajemukan agar tercipta solidaritas di tengah perbedaan.

"Dalam kaitan itulah para tokoh dan pemimpin agama memiliki peran yang sangat penting dalam membimbing, membina, dan menuntun umatnya melalui kesalehan individual dan kesalehan sosial," ujarnya.

Dalam sambutannya pada perayaan tahun baru imlek nasional yang juga dihadiri Wakil Presiden Boediono, Presiden mengatakan imlek bukan hanya milik umat Konghucu dan masyarakat Tionghoa, tetapi juga telah menjadi pesta rakyat di seluruh pelosok tanah air yang bisa terlihat dari semarak atraksi barongsai, lampion, dan beragam aksesori khas Tionghoa yang menghiasi perayaan imlek di seluruh daerah nusantara.

"Ini menunjukkan bahwa bangsa kita benar-benar menjunjung tinggi nilai-nilai kebersamaan, meneguhkan semangat Bhineka Tunggal Ika dan memberi ruang besar bagi mayarakat Tionghoa tanpa ada lagi sikap diskriminasi," tegasnya.

Perayaan tahun baru Imlek yang semarak di Indonesia, menurut Presiden, adalah salah satu kenyataan bahwa kebersamaan etnis Tionghoa dengan berbagai etnis lainnya di tanah air telah terjalin kokoh sebagai bangsa yang multikultural. (Ant)
Ket.Gambar:
(Antara/widodo s jusuf) Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Wapres Boediono, Ibu Negara Ny Ani Yudhoyono dan Ibu Herawati Boediono berfoto bersama dengan para pendukung dan pengisi acara Perayaan Tahun Baru Imlek 2563 Tingkat Nasional di Balai Sidang, Jakarta, Jumat (3/2). Perayaan Tahun Baru Imlek 2563 ini mengambil tema "Insan Beriman dan Luhur Budi, Hidup Rukun Meski Berbeda".
Sumber :HarianAnalisa
Tags :Berita Nasional

Tidak ada komentar:

Posting Komentar